Halaqah 5: Maratib (Tingkatan-Tingkatan) Dalam Islam
Oleh: Ustadz Abdullah Roy hafizhahullah
Selasa, 5 November 2024
Di dalam hadits ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu yang
diriwayatkan Imam Muslim:
Datang Malaikat Jibril yang menjelma menjadi
seorang laki-laki dengan izin Allah ﷻ, bertanya kepada Rasulullah ﷺ
tentang beberapa pertanyaan, di antaranya tentang “Apa itu Islam, Iman
dan juga Ihsan”.
Maka Rasulullah ﷺ menjawab satu persatu dari pertanyaan tersebut. Kemudian di akhir hadits Rasulullah ﷺ berkata:
فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ
“Sesungguhnya dia adalah Jibril yang datang kepada kalian, mengajarkan kepada kalian, agama kalian.” (HR. Muslim)
Di dalam hadits ini disebutkan 3 tingkatan dalam agama yaitu:
1. Islam,
2. Iman, dan
3. Ihsan
Iman lebih tinggi daripada Islam dan Ihsan lebih tinggi daripada Iman.
- Islam berkaitan dengan amalan zhahir.
- Iman berkaitan dengan amalan bathin.
- Ihsan adalah puncak dari amalan zhahir & bathin.
Orang yang sampai derajat Ihsan berarti dia telah mencapai derajat yang paling tinggi dalam Islam dan juga Iman.
Setiap orang yang beriman dia adalah orang yang Islam, tetapi tidak semua orang yang Islam, dia beriman.
Allāh ﷻ berfirman:
قَالَتِ
الْأَعْرَابُ آمَنَّا ۖ قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَٰكِنْ قُولُوا
أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ ۖ
“Berkata orang-orang Arab Badui: ‘Kami telah beriman.’ Katakanlah:
‘Kalian belum beriman.’ Dan katakanlah oleh kalian: ‘Kami telah Islam.’
Dan belum masuk Iman di dalam hati-hati kalian.” (QS Al Hujurat: 14)
Mereka berkata di awal mereka masuk Islam bahwa mereka sudah sampai derajat keimanan.
Maka merekapun diperintahkan untuk mengatakan “Kami telah Islam” karena hakikat keimanan belum masuk di dalam hati-hati mereka.
Dan masing-masing dari tiga tingkatan tersebut memiliki rukun. Yang dimaksud dengan rukun adalah yang terpenting/terkuat dari sesuatu.
No comments:
Post a Comment