Thursday 29 February 2024

Kajian Kamis: Wanita Yang Dirindukan Surga // Ustadz Abdurrahman Zahier hafizhahullah

Kajian Kamis
Wanita Yang Dirindukan Surga
Oleh: Ustadz Abdurrahman Zahier hafizhahullah
Masjid Nurul Hidayah, Brawijaya, Jakarta Selatan
Kamis, 29 Feb 2024 / 19 Sya'ban 1445

Wanita terbaik yang diciptakan
1. Maryam, seorang wanita yang menjadi kemuliaan di dalam Alquran
2. Fathimah, seorang wanita anak Rasulullah ﷺ 
3. Khadijah, istri Rasulullah ﷺ 
4. Asiyah, istri Firaun

Hendaknya kita mempelajari kisah-kisah mereka, bagaimana mereka menjadi penghuni surga.

Surga akan ada bidadari
Kecantikan bidadari, ketika cahayanya terbuka, maka itu akan lebih indah dari harta dunia. Bidadari tersebut tidak pernah bosan, dan yang memeluknya juga tidak pernah bosan. Mereka hanya memandang kepada suaminya saja, dan mereka akan menundukkan pandangan kepada yang bukan mahramnya.

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyyah yang dahulu” (QS. Al Ahzab: 33)

Di antara ciri wanita shalihah dan penghuni surga adalah:
1. Menunaikan hak Allah dan hak suaminya.
Kebahagiaan istri terdapat pada kebahagiaan suaminya. Istri yang tidak bisa memenuhi hak suaminya, maka dia tidak akan merasakan bahagia.

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Kalau aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, maka tentu aku sudah memerintahkan para istri untuk sujud kepada suaminya”. (HR. At-Tirmidzi No. 1159)

Banyak pasangan suami-istri yang satu rumah tapi tidak pernah bertegur sapa. Inilah rumah tangga yang menjadikan sengsara.

Kebahagiaan tidak diukur dengan harta dunia, kebahagiaan diukur dari hati setiap orang beriman.

Nabi ﷺ pernah tidak makan dan minum selama 3 hilal (sekitar 2 bulan) berturut-turut. Lalu Nabi ﷺ juga menawarkan perceraian kepada istri-istrinya ketika mereka meminta tambahan nafkah, namun istri-istrinya tidak mau karena mereka ingin hidup di dunia dan sesurga bersama Rasulullah ﷺ.

Rasulullah ﷺ bersabda:
“Apabila seorang isteri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya” (HR. Ibnu Hibban)

Sesuatu yang paling sulit bagi wanita adalah taat kepada suaminya. Seorang istri harus berpikir dan mengingat bahwasanya setiap keputusan yang dikeluarkan suami adalah surga bagi istri, suka atau tidak. Ridho suami adalah ridho Allah. Istri tidak perlu membantah atau protes kepada setiap keputusan suami, karena apa yang ditetapkan, diperintahkan, dan diputuskan suami adalah pahala surga bagi istri.

2. Menjaga harta suami ketika suami tidak ada
Seorang istri tidak boleh memasukkan orang lain tanpa izin suaminya. Istri juga tidak boleh mengeluarkan harta tanpa izin suami, walaupun itu untuk sedekah.

Hancurnya sebuah peradaban adalah tergantung wanita. Seorang anak bisa hancur karena didikan Ibunya. Itu sebabnya laki-laki dianjurkan untuk memilih istri yang baik agamanya.

3. Menyenangkan hati suami
Seorang istri harus memberikan perhatian yang sangat baik kepada suami. Tidak boleh ada perhatian kepada yang lain, termasuk ke anaknya sebelum perhatian itu untuk suaminya terlebih dahulu.

Banyak para suami tidak jadi poligami karena pelayanan istrinya yang maksimal sekaligus romantisme yang diberikan istrinya. Apalagi perhatian tersebut akan berhadiah pahala, maka sudah sepatutnya istri semakin bersemangat dalam menyenangkan hati suami.

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik simpanan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Daud No. 1664)

4. Bersiap dalam penampilan
Dalam Islam, lelaki yang pulang dari Safar tidak boleh memberikan kejutan pulang tanpa kabar, karena bisa jadi istri belum mempersiapkan penampilannya untuk suaminya.

Wanita Salaf ketika tahu suaminya akan pulang, maka mereka akan bersiap menampilkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut dan melayani suami.

Ketika istri berbicara, dia tidak pernah mengangkat suaranya di hadapan suaminya.

5. Penyayang, subur, dan senantiasa kembali kepada suami

Seorang istri harus menjadi penyayang kepada suaminya.

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Nikahilah wanita yang penyayang yang subur punya banyak keturunan karena aku bangga dengan banyaknya umatku pada hari kiamat kelak.” (HR. Abu Daud No. 2050)

Seorang istri seharusnya memang bersikap penyayang, tapi sekarang ini justru terbalik, suami yang lebih penyayang sedangkan istri justru malah galak. Maka kita harus kembali kepada ajaran Islam yang benar dan jangan menentang.

Islam juga menganjurkan kita memperbanyak anak dan juga shalih/shalihah. Itu sebabnya para suami diperintahkan untuk memiliki istri yang subur.

6. Taat kepada suami dan selalu menyenangkan suami dalam berbagai kondisi

Di antara sifat wanita adalah dia diciptakan dari tulang rusuk laki-laki, sehingga sepatutnya wanita menjadi pendamping suami yang selalu menyenangkan.

7. Tidak bertabarruj (berhias berlebihan)
Seorang tidak boleh berdandan atau berhias secara berlebihan ketika keluar rumah, termasuk memakai parfum.

Rasulullah ﷺ bersabda:
“Sesungguhnya wanita adalah aurat, maka jika dia keluar (rumah) setan akan mengikutinya (menghiasainya agar menjadi fitnah bagi laki-laki), dan keadaanya yang paling dekat dengan Rabbnya (Allâh Subhanahu wa Ta’ala ) adalah ketika ia berada di dalam rumahnya”. (HR. Ibnu Khuzaimah No. 1685)

Tujuan wanita diwajibkan menutup aurat adalah untuk menghilangkan perhatian dari orang-orang yang bukan mahram. Jangan sampai wanita yang sudah menutup aurat, atau bahkan bercadar justru malah menjadi perhatian dengan pakaian yang mencolok.

8. Pandai bersyukur kepada suami
Di antara cara bersyukur seorang istri kepada suaminya adalah dengan cara bersedekah.

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Wahai wanita, bersedekahlah dan perbanyaklah beristighfar (mohon ampun kepada Allah) karena sungguh aku melihat kalian sebagai penghuni neraka yang paling banyak.” (HR. Muslim)

9. Hormat kepada suami
Seorang istri harus menghormati setiap keputusan suami, walaupun itu tidak disukai oleh istri. Ketaatan seorang istri terhadap setiap keputusan suami maka akan mendatangkan ridho Allah.

10. Menundukkan pandangan
Bukan hanya laki-laki, seorang wanita pun harus menundukkan pandangan. Wanita tidak boleh memandang bukan mahram tanpa hajat.

Maka bagi istri yang masih suka nonton sinetron atau nonton video artis-artis, maka itu bukanlah termasuk dalam hajat yang dibolehkan oleh syariat.

11. Memiliki sifat pemalu
Semakin wanita memiliki sifat pemalu, maka dia semakin tinggi derajatnya. Seorang wanita juga sebaiknya tidak terlihat oleh banyak orang dan tidak mau dikenal banyak orang. Inilah wanita yang berharga.

12. Tidak bicara mendayu-dayu atau berlemah lembut kepada laki-laki bukan mahram
Banyaknya laki-laki yang terfitnah oleh wanita adalah ketika wanita tersebut berbicara dengan lemah lembut sehingga laki-laki tersebut tertarik. 

Wanita dianjurkan untuk berbicara tegas atau boleh sedikit bernada keras ketika berbicara dengan yang bukan mahram untuk menghindari fitnah yang ada.

13. Tidak berlebihan ketika menampakkan perhiasan
Seorang wanita jangan memperlihatkan perhiasan yang dimiliki secara berlebihan sehingga menjadi fitnah atau kerugian.

Wanita sebaiknya membagikan ilmu yang didapatkan melalui poster dakwah atau video kajian. Tidak perlu menampakkan dirinya yang justru bisa mendatangkan fitnah bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment