Sunday 11 February 2024

Kajian Ahad: Tidak Diajak Bicara, Dilihat, Disucikan, dan Adzab Pedih Pada Hari Kiamat // Ustadz Najmi Umar Bakkar hafizhahullah

Kajian Ahad
Tidak Diajak Bicara, Dilihat, Disucikan, dan Adzab Pedih Pada Hari Kiamat
Oleh: Ustadz Najmi Umar Bakkar hafizhahullah
Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan
Ahad, 11 Feb 2024 / 1 Sya'ban 1445

Kita tidak ingin mendapatkan hukuman dari Allah. Di dunia kita ingin selamat, dan di akhirat pun kita ingin selamat.

Hukum asalnya kita akan diajak bicara oleh Allah, baik seorang Muslim, kafir, maupun orang munafiq. Setiap umat akan berlutut atau bersujud ketika berada di hari pengadilan untuk ditanya oleh Allah sehingga seluruh manusia merasa ketakutan.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إلاَّ سَيُكَلِّمُهُ الله لَيْسَ بَينَهُ وَبَيْنَهُ تُرْجُمَانٌ ، فَيَنْظُرُ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلاَ يَرَى إلاَّ مَا قَدَّمَ ، وَيَنْظُرُ أَشْأَمَ مِنْهُ فَلاَ يَرى إلاَّ مَا قَدَّمَ ، وَيَنظُرُ بَيْنَ يَدَيهِ فَلاَ يَرَى إلاَّ النَّار تِلقَاءَ وَجْهِهِ ، فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَو بِشِقِّ تَمْرَة

"Tidak seorangpun dari kalian melainkan akan diajak bicara oleh Allah, "Tanpa ada Penerjemah" antara ia denganNya. Saat ia "Menoleh" ke sebelah kanannya, maka ia tidak melihat melainkan apa yang pernah ia kerjakan. Saat ia menoleh ke sebelah kirinya, maka ia tidak melihat kecuali apa yang telah ia kerjakan. Saat ia "MELIHAT" ke Arah Depannya, maka ia pun Tidak melihat di hadapannya kecuali API NERAKA. Maka "Selamatkanlah" diri kalian dari api neraka, walaupun dengan bersedekah "1/2 kurma" (HR. Muslim No. 1016, hadits dari 'Ady bin Haatim)

Namun di antara hambaNya itu ada yang diajak bicara oleh Allah dengan "keras" & penghinaan, ini akibat perbuatan dosa" yang mereka lakukan. Dan Allah pun tidak melihat mereka dengan pandangan kasih sayang, tetapi dengan kemurkaan, dan kemarahan, di antara mereka itu adalah:

1. Orang yang menyembunyikan apa yang diturunkan oleh Allah dan rela menjual agamanya demi dunia

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang telah menyembunyikan apa yang diturunkan Allah yaitu Alkitab, dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada Hari Kiamat dan tidak mensucikan mereka, & bagi mereka siksa yang amat pedih" (QS. Al-Baqarah [2]: 174)

Sudah banyak terjadi bahwasanya orang-orang menyembunyikan ketetapan Allah sehingga mengubah maknanya, bahkan dia termasuk disebut sebagai tokoh agama, di antaranya adalah
1. Jilbab tidak wajib;
2. LGBTQ tidak mengapa;
3. Seks bebas boleh
4. Sogok/suap. Ambil uangnya, tapi jangan pilih calonnya; dan banyak lagi.

2. Orang-orang yang menyalahi janji dan sumpah mereka kepada Allah

Allah Ta'ala berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang telah "memperjualbelikan" janji (nya dengan) Allah & sumpah-sumpah mereka dengan "Harga" yang sedikit, maka mereka tidak memperoleh bagian (Pahala) di akhirat, Allah tdk akan menyapa mereka, dan tidak akan melihat mereka pada Hari Kiamat, dan tidak akan menyucikan mereka, & bagi mereka azab yang pedih" (QS. Ali 'Imran [3]: 77)

3. Laki-laki yang menjulurkan kainnya di bawah mata kaki (isbal), mengungkit pemberian, dan suka melariskan dagangan dengan sumpah palsu

Rasulullah ﷺ bersabda :
"Ada tiga orang yang tidak diajak bicara oleh Allah pada hari Kiamat nanti, tidak dipandang, dan tidak disucikan dan bagi mereka siksaan yang pedih". Rasulullah ﷺ "Menyebut" Tiga Kali perkataan ini. Lantas Abu Dzar berkata : "Mereka itu Sangat Celaka dan "Merugi". Siapa mereka ya Rasulullah !?" Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pun menjawab : "Mereka adalah laki-laki YANG ISBAL (Menjulurkan Celana Lebih dari mata kaki), suka mengungkit-ungkit Pemberian, & Orang Yg Suka Melariskan DAGANGANNYA dengan cara "SUMPAH PALSU" (HR. Muslim No. 106)

4. Orang tua yang berzina, Raja yang suka berdusta, dan orang miskin yang sombong

لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ، قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ : وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ، وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ؛ شَيْخٌ زَانٍ وَمَلِكٌ كَذَّابٌ وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ

"Tiga orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah nanti pada hari kiamat dan dia tidak akan mensucikannya". Abu Mu’awiyah berkata : "Dia tidak akan dilihat oleh Allah, dan bagi mereka adzab yang pedih; yaitu orang tua yang berzina, Raja yang suka berdusta, & orang miskin yang sombong" (HR.Muslim No. 107, haditsnya dari Abu Hurairah)

5. Orang yang memiliki kelebihan air tapi tidak memberikan kepada yang butuh

"Tiga orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari Kiamat dan Allah tidak akan melihat mereka, tidak mensucikan mereka & bagi mereka adzab yang pedih. Seseorang yang mempunyai kelebihan air di Padang Pasir, namun ia mencegahnya dari Ibnussabil (yang membutuhkannya). 

6. Seorang yang berjual beli dengan orang lain di waktu Ashar, lantas ia bersumpah dengan nama Allah bahwa ia mengambilnya sekian dan sekian, lalu orang itu percaya, padahal tidak demikian keadaannya. 

7. Dan orang yang membai’at pemimpinnya karena dunia, bila ia diberi oleh pemimpin ia melaksanakan bai’atnya, dan bila tidak diberi maka ia tidak mau melaksanakan bai’atnya" (HR.Bukhari No. 7212 & Muslim No. 108, hadits dari Abu Hurairah)

No comments:

Post a Comment